Sabtu, 01 Juni 2013

Budaya Makro, Sub Budaya, dan Budaya Mikro


Budaya Makro Organisasi

Budaya Makro organisasi ibarat etnik, ia merupakan bagian keseluruhan organisasi. ia mencakup budaya yang besar yang menggambarkan keseluruhan organisasi. Di dalamnya terbdapat sub budaya dan budaya mikro.

Sub Budaya Organisasi

Sub budaya adalah pilar besar budaya organisasi secara keseluruhan. Sub budaya organisasi terdiri dari tiga sub, yaitu: Operator, Teknisi Teknologi, dan Para Eksekutif. Untuk mencapai tujuan organisasi, 3 sub budaya dibawah ini harus sejalan seirama.
1.      Operator. Operator ini biasa disebut sebagai staf. Mereka adalah bagian besar organisasi yang bertugas memproduksi dan memasarkan produk/ jasa.
2.      Teknisi Teknologi. Setiap organisasi harus memiliki sub budaya ini. Sub ini bertugas untuk memastikan teknologi berjalan dengan lancar.
3.      Eksekutif. Sub ini terdiri dari CEO (Chief Executif Organization/ Kepala Eksekutif) dan para tim eksekutif lainnya seperti manajer. a) Para Eksekutif bertanggung jawab mengarahkan organisasi. b) Mereka juga bertanggung jawab dalam mengelola keuangan. Keuntungan dan kerugian organisasi terletak pada kekuatan kepemimpinan sub budaya ini. c) Sub ini adalah pengarah dan pengontrol sub yang lainnya.

Ketiga sub budaya ini saling berhubungan satu dan yang lain. Karena itu, satu dan yang lainnya sering terjadi konflik, baik yang berkenaan dengan birokrasi, lingkungan kerja, atau konflik personal, atau konflik antar eksekutif. Namun hal ini wajar, karena kita tidak akan pernah memahami sebuah organisasi bila tidak terdapat masalah-masalah tersebut.

Budaya Mikro

Budaya mikro adalah sebuah tim kecil pelaksana misi. Tim kecil ini memiliki tugas yang spesifik untuk masing-masing sub budaya. Ada yang khusus desain gambar, ada yang khusus membungkus barang, ada yang khusu mengetik laporan, ada yang khusus menghubungi pelanggan, ada yang khusus mengatur konsumsi, dll. Seperti pemain bola, tim kecil ini harus ditraining oleh seorang pelatih profesional untuk mengerti tugas dan fungsinya.

Seperti dalam bidang kedokteran, budaya mikro ini tampak dalam pembagian setiap profesinya. Ada yang bagian operasi, bagian perawat, teknisi alat kesehatan, bagian obat-obatan, kebidanan, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar